Ngaji “Barlen”


Alahamdulillah, pijinsyukur atas nikmat untuk busa belajar menambah ilmu dalam forum kajian ba’da Subuh di hari kedelapan bulan ramadhan tahun 2017. Pagi ini Masjid Nurul Jannah, kedatangan ustad dannguru ngaji yang sebenarnyan jadwal warga untuk memberikan kultum subuh. Kesan pribadi saya suka dengan guru ngaji yang model begini karena di bawakan dengan contoh real dan di suguhkan dengan gaya khas “guyon”.

Adapun sari sari penting ngaji ku pagi ini adalah 

Hal hal yang menyebabkan sesorang berdosa:

  1. Godaan setan : seseorang yang berdoasa karena memang disebabkan oleh godaan setan, seperti saat buoan puasa seperti sekarang ini ada orang yang menawarkan untuk mebatalkan puasa, atau bahkan tidak usah berpuasa toh gak kelihatan orang lain.
  2. Hati yang kotor : hati yang kotor akan menjadikan seseorang tertutup untik berbuat baik, jadi selalu saja melakukan tindakan yang tidak baik atau maksiat kepada Allah swt.
  3. Kebiasaan : salah satu kegiatan yang menjadikan dosa pada diri kita adalah kebiasaan, kadang kita tidak merasa bahwa apa yang kita lakukan itu adalah dosa.

Jadi kita sebagai manusia, khususnya manusia yang beriman mendapatkan panggilan untuk berpuasa, dan atas puasanya secara ihklas dan hanya mengharap ridha dari allah maka balasannya pahala yang belimpah. Karena manusia tempatnya salah dan dosa, allah juga di bulan ramadhan ini memberikan fasilitas bagi mereka yang menjalankan puasa dsn memohon ampunannya akan di kabulkan semua permohonan nya dan dijadikan ke fitrahnya.

Orang yang bertakwa di ibaratkan seperti sebuah pohon yang berbuah kebaikan sepanjang masa tak kenal musim, buah secara terminologi alquran terbagi menjadi dua jenis. Yaitu pohon yang berbuah musiman dan pohon yang berbuah tak kenal musim atau sepanjang waktu. 

  1. Tempat : sebagai bukti ketaqwaan kepada allah dengan beribadah yang berdasarkanntempat, seperti ibadah haji, shalat dan berdoa dintempat tempat tertentu di makah dan madinah.
  2. Waktu : ketaqwaan seseorang akan meningkat dalam bentuk pelaksaaan ibadah yang berdasarkan waktu waktu tertentu, sebagai contoh berdoa pada saat sebelum imsyak dan saat berbuka. 
  3. Kondisi : seseorang rajin beribadah, bukan karena ketaqwaan kepada allah, tapi karena kondisi, manusia biasanya melakukan rajin beribadah karena kondisi, sebagai contoh seorang menantu rajin ke masjid karena mertuanya datang kerumah kita. 
  4. Kepentingan : seseorang rajin beribadah karena faktor kepentingan, bukan karena semata karena Allah, sebagai contoh ada beberapa orang rajin ke mesjid dan berbuat baik karena punya kepentingan mau mencalonkan sebagai lurah, atau pejabat.  

Manusia dalam al quran di kenal dengan 4 sebutan, yaitu :

  1. Bashar  : makna ini ditujukan manusia dengan tanda dan fungsi secara fisik, seperti warna kulit, badan dintumbuhi rambut, hal ini di ceritakan bahwa para nabi adalah dari manusia biasa, sama seperti lainnya, yaitu di lihat daei penampilan fisiknya, makanya banyak orang semasa itu menolak karena mereka mengangap nabi adalah manusia biasa yang sama dengan dirinya. Tidak melihat apa makna dan nilai yang di sampaikan tentang kebenaran. 
  2. Insan : makna ini lebih ditujukan manusia dari sisi jiwa, hati, psikologisnya
  3. Anas : makna anas adalah manusia dari sisi kehidupan sosial, 
  4. Bani Adam : makna manusia sebagai pengingat keturunan nabi adam yang berasal dari tanah. Jadi manusia berkecenderungan untuk mendekatinunsur tanah, sehingga sulit untuk bertindak “langitan” beribadah kepada allah swt.

Kajian subuh ramadan di hari ke 8 Ramadhan 2017. Sebuah catatan pribadi, mohon maaf kalau ada yang membaca kurang berkenan semata untuk pengingat diri, seperti pesan sang guru ngaji agar makna dsn situasi indshnya mengaji tidak menguap begitu saja… barlenbubar kelalen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: