Membuka pintu pengetahuan dengan membaca

Siapa yang tidak kenal dengan cerita pahlawan wanita yang merupakan tokoh emansipasi wanita, bertepatan dengan peringatan hari kartini setiap 21 April 2017. Sebuah film garapan Hanung Bramanto di gambarkan dengan cantik dan penuh drama kehidupan pada masa jaman nya. 

Kehidupan wanita ningrat yang oenuh dengan nilai nilai budaya kasta tinggi, tapi tak berhak mengenyam pendidikan yang lebih di bandingkan dengan laki laki. Mesti terlahir dari anak seorang bupati jepara dari istri ketiga. Tetapi sang kakak yang tau semangat dan visioner untuk mendobrak batas batas budaya dan pengetahuan. Sang kakak memberikan hadiah berupa kunci untuk melarikan diri dari jeratan dan kungkungan “pingitan“. 

Dalam drama itu sang bapak selaku bupati juga mendukung penuh area berpikir dan ide idenya untuk mendobrak budaya keyidak terbukaan atas akses pembelajaran, tapi karena sudah terikat janji maka akhirnya tetap sang trinil akhirnya di dikahkan dengan bupati rembang menjadi istri ketiga juga. 

Pembelajaran yang banik adalah menanamkan prinsip kesetaraan belajar kepada laki laki dan perempuan untuk bisa mengakses pendidikan dan belajar setunggi langit tanpa batas “wanita pingitan“. 

So bukalah pintu pengetahuan mu dengan membaca, seperti perintah Allah kepada Rasul Muhammad SAW yaitu perintah bacalah.

Kemarin pas hari minggu, saat menunggu istri kondangan aku mengajak anak anak kami, meuhnggu bunda iPent disalah satu lokasi perbelanjaan sekakigus menikmati pertujukan film KARTINI di XXI, di kawasan Depok. So buat kalain yang belum menonton, film ini layak untuk di jadikan double referensi : satu referensi tentang keterbukaan akses keswtaraan pendidikan dan memperkuat cerita tentang kartini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: