Play area di Pelayanan Publik

Pernahkah anda mengunjungi suatu temapt keramaian khususnya berupa tempat pelayanan publik? Saat kita mengunjungi “publik Service ” seringnya yang kita hadapi adalah keramaian. Karena yang datang selain karena urusan orang yang bersangkutan biasanya mereka datang dengan membawa serta keluarganya.

Salah satu yang tidak bisa dilepaskan saat kita berkunjung ke lokasi tersebut adalah anak anak kita yang akan ikut serta. Sebagai gambaran pagi ini saya mendatangi ke salah satu rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatan gigi.

Karena waktu yang digunakan untuk menunggu giliran pemeriksaan akibatnya anak anak pastilah akan merasa bosan, nah saat seperti ini kita membutuhkan alternatif “killing time” akibat menunggu. Melihat akan kebutuhan tersebut tempat penyenggara layanan publik menyediakan area untuk bermain anak “play area”, dimana di tempat tersebut di maksudkan untuk tempat berinteraksi anak dengan lainnya serta mengalihkan perhatian anak anak dari kebosanan menunggu dengan keceriaan. Berbagai permainan melatihpsikomotorik anak juga kognitif dengan permainan edukatif untuk anak.

Yang perlu diperhatikan oleh orang tua terhadap anak yang memasuki area bermain tersebut adalah berikan kebebasan anak untuk bermain bersama sebayanya, walau tak saling kenal namun amatilah diantara mereka akan ada interaksi dengan bahasa mereka, pelajaran saling menghargai, saling berbagi, akan diciptakan secara langsung. Orang tua sebaiknya tetap terus memonitor pergerakan anak anaknya. Khawatir mereka menaiki area yang bergaya, jadi pastikan tetap dalam pantauan dan jangkauan orangtua.

Setidaknya area bermain ini menjadikan alternatif bagi kita akan lebih nyaman karena anak anak yang kita bawa juga dalam keadaan nyaman. Demikian catatan kecil dan pengalaman pribadi menggunakan fasilitas publik yang memiliki fasilitas arena bermain anak.

Dituls saat menunggu antrian dokter untuk pemeriksaan kesehatan gigi di rs hga.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: