Kampanye calon raja

Disebuah negeri antah berantah pada saat terjadi masa pergantian pimpinan kerajaan yang mengunakan azaz demokratis. Dimana setelah masa jabatan kerajaan habis dalam waktu dekat akan digelar pemilihan raja dan patihnya.

Maka pemilihan raja bukan karena turun temurun tetapi menggunakan pola pengusulan dari wilayah bagian kerajaan dan tentunya dipilih dengan pemungutan suara seluruh warga kerajaan. Maka tibalah saat yang penuh persaingan antar kandidat raja. Perlu di ketahui bahwa kerajaan yang diceritakan dalam negeri entah berantah ini sebenarnya sangat modern sudah mengikuti perkembangan peradaban dunia.

Salah satu pasangan calon raja oada masa kampanye untuk memperkenalkan program programnya yang di gunakan untuk mensejahterakan rakyatnya. Sebut saja Usman dan Amir dimana pada saat kampanye berlangsung. Kandidat raja Den Mas Usman menyampaikan kepada rakyat yang telah berkumpul di lapangan sambil menyampaikan pidato politiknya… Saudara saudara semua wahai rakyatku… Kalau kalian semua mendukung saya menjadi raja yang akan dilaksanakandalam pemilihan langsung minggu depan, saya berjanji akan mensejahterakan kalian semua. Saya akan bangun pabrik tektil…. Begitu semanganya den mas usman menyampaikan pidatonya… Karena merasa salah ucap maka sang calon patih kerajaan den mas Amir membisikan kepada den mas Usman… Bang sampean salah sebut.. Kurang “S” yang bener tekstil.. Kata den mas Amir.

Maka dengan lantang den mas Usman karena mendengar kurang “S” maka ia berkata iya kita bangun pabrik “es” juga….. Langsung warganya ketawa karena yang dimaksud adalah penyebutan pabrik tekstil.

Pidatonya pun di teruskan dengan penuh semangat walau bahasa yang digunakan oleh calon raja ini kurang pas. Supaya lebih keren karena buar dianggap mampu berkomunikasi dengan kerajaan tetangga maka den mas Usman menggunakan bahas inggris… Saudara saudara semua… Time is money… Artinya bersatu kita teguh bercerai kita runtuh .. Mendengar arti yang sampaikan den mas Usman salah … Calon patih langsung merebut mikrofon dan menyampaikan dalam bahasa inggris juga Saudara saudara “time is short” artinya bilahitaufiq wal hidayah wasalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh

Spontan seluruh rakyat yang hadir di lapangan dalam kampanye tersebut binggung sesaat namun akhirnya menjawab walaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.. Sambil di ikuti gelak tawa….

Note ditulis saat mengikuti paparan dari Hamid Awaludin

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: