Aplikasi pemandu jalan

Hidup di daerah yang kepadatan penduduknya sangat padat serta dengan instensitas pekerjaan yang cukup banyak menjadikan kita “mungkin” tidak terlalu mengenal wilayah walau jaraknya tidak seberapa jauh, apalagi kalau jalur yang akan anda tuju merupakan jalur baru atau belum pernah anda lalui.

Bingung dengan semua itu? Mau nanya kepada orang yang anda yakini dapat memberikan informasi, saat di telpon tidak diangkat. Sementara info yang anda dapatkan adalah sangat terbatas. Anda bisa bertanya kepada mesin pencari”baik google atau bing” untuk alamat dan gambaran wilayahnya dimana. Tapi info ini hanya sebatas perkiraan atau penafsiran anda.. Paling paling oh…. Disana… Oh sebelah sana dan sebagainya kemungkinan dugaan dugaan yang anda kira.

Namun bagaimana kah kalau seandainya anda melakukan perjalanan sesungguhnya? Saya sendiri tetap mengalama kebingungan namun dengan kemajuan teknologi informasi sekarang ini banyak aplikasi yang bisa memandu jalan anda hingga ketujuan yang belum pernah anda lewati dengan mengesampingkan peribahasa”malu bertanya sesat dijalan”.

Gadget yang dikenal dengan telepon pintar”smartphone” yang anda miliki sudah kemungkinan anda menginduh aplikasi pemandu jalan atau bahkan sudah melekat sebagai paket dari pabrikan gadget tersebut. Saya sebagai pengguna Nokia Lumia 625 dengan OS WP8. Tersedia aplikasi yang bernama “Here drive + “. Aplikasi ini sudah memberikan informasi suara dengan bahasa indonesia dengan tentunya anda mengunduh peta dan langguage bahasa indonesia dan gratis untuk mengunduh tambahan aplikasi ini.

Begitu anda sap berangkat mau mengunakan mobil atau motor tidak masalah hanya kalau menggunakan motor anda perlu menambah perangkat hand free. Jalankan aplikasi here drive kemudian masukan alamat yang akan di tuju pada opsi setting destination… Biarkan aplikasi bekerja menyesuikan perhitungan dan perkiraan jarak, waktu tempuh, perkiraan waktu sampai ditujuan serta gambatan jalur yang ada dalam peta. Selanjutnya anda akan mendapatkan notifikasi suara seperti ” ikuti jalan sepanjang dua kilo meter”, tiga ratus meter lagi anda belok ke kiri, sekarang belok ke kiri, enam ratus meter anda sampai di tujuan.

Saya sudah menggunakan aplikasi ini di beberapa pulau di wilayah indonesia dan Alhamdulillah dapat memandu kami yang buta wilayah dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Jadi buat anda semua pastikan di gadget anda terinstall aplikasi pemandu jalan barang kali suatu saat anda membutuhkan. Dan tentunya mari kita imbangi kemampuan kita biar tidak timpang antara gadget berlabel “smart phone” tapi apakah kita juga sudah smart? Atau memang yang smart adalah phone nya tetapi gadget nya tetep aja hanya untuk digunakan menelpon, sms atau sedikit bisa akses FB dan penyampai pesan lainnya.

Selamat mencoba, ditulis disaat telah sampai lokasi yang tujuan tapi yang ngajak belum muncul karena macet di jalan.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: