Antara Punggawa dan Martil Tukang Batu

Dalam sebuah cerita pewayangan di negeri antah berantah. Tertulislah dalam sebuah kitabnya yang menjadi panduan hidup punggawa dan rakyatnya.

Dalam penggalan cerita diajarkan tentang bagimana setiap insan manusia belajar dalam mengelola emosinya. Suatu pelajaran psikologis yang dalam dunia sekarang ini dikenal bidang keilmuan ini.

Emosi sang manusia entah itu sebagai seorang punggawa atau rakyat tetaplah sama, emosi yang positive dan emosi yang negative keduanya kalau berlebihan tidaklah bagus, pasti dalam ajaran yang saya yakini bahwa yang sedang dan pas itulah yang lebih baik. Artinya artinya bagaikan kita selalu menyeimbangkan emosi positive dan emosi negative.

Kembali ke hikayat tadi dimana anda seorang punggawa raja sedang bersedih dengan ledakan emosi yang tinggi karena bawang goreng kesukaannya hilang belum ketemu. Melihat keswdiahan punggawa tersebut, ada punggawa lainya ” yang mungkin membawa ” bawang goreng itu. Menyampaikan kalau sedang emosi lebih baik kamu tenui tukang batu di belakang kerajaan yang sedang direnovasi dan pinjamlah sebentar “martil” nya. Lalu bantulah sang tukang batu itu menghancurkan dinding tembok kerajaan yang sudah lapuk dan akan direnovasi. Pengguwa itu bertanya… Apa manfaatnya dengan aku membantu tukang batu itu, tanyanya menegaskan. Sudah datangi, katakan kamu akan membatunya…. Kelak kamu akan memahami maknanya….jawab punggawa lainnya.

Demikianlah kita tunggu saya meneruskan membaca kita panutan kerajaan tersebut… Ditulis saat menunggu kemacetan akibat hujan yang bikin banyak genangan air di jalan Jakarta.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: