Gigi tanggal “ompong”

Ompong atau gigi tanggal karena masa pertumbuhan pada anak adalah kejadian yang wajar. Namun beberapa respon yang ada sangat beragam, ada yang biasa aja dan ada yang ketakutan. Naflah adalah anak kedua sekarang ini telah memasuki usia 6 tahun.

Penelusuran via google berikut info tentang gigi. Pada manusia dapat ditemui 4 (empat) macam gigi yang terdapat pada mulut disertai dengan arti definisi dan pengertian yaitu :

1. Gigi Seri
Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar yang berfungsi untuk memotong dan mengerat makanan atau benda lainnya.

2. Gigi Taring
Gigi taring adalah gigi yang memilki satu akar dan memiliki fungsi untuk mengoyak makanan atau benda lainnya.

3. Gigi Geraham Kecil/ Molar
Gigi graham kecil adalah gigi yang punya dua akar yang berguna / berfungsi untuk menggilas dan mengunyah makanan atau benda lainnya.

4. Gigi Geraham

Gigi geraham adalah gigi yang memiliki tiga akar yang memiliki fungsi untuk melumat dan mengunyah makanan atau benda-benda lainnya.

Macam Dan Jumlah Gigi
Secara garis besar, gigi itu ada dua macam yaitu gigi susu dan gigi tetap. Gigi susu merupakan gigi yang tumbuh pada usia 6-30 bulan dan akan tanggal pada usia 6-12 tahun dan digantikan oleh gigi tetap.

Gigi susu terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar) sehingga totalnya ada 20 gigi.

Sumber info tentang gigi http://id.m.wikipedia.org/wiki/Gigi

Nah Kali ini Naflah tidak terlalu khawatir kalau giginya akan tanggal karena selain melihat temanya ada rujukan utamanya adalah mba Jasmine yang lebih dahulu ompong. Gigi yang tanggal terjadi pada gigi susu, dan khusus pada Naflah sebenarnya yang jadi perhatian bukan karena giginya (otek) tapi karena gigi tersebut ada warna hitamnya.

Karena hal ini lah maka saat teman temen nya sudah ada yang ompong karena tanggal, Naflah sering berdoa kepada Allah supaya gigi susu bagian atas tengah segera tanggal. Seminggu ini sudah otek, dam tepat pada hari jum,at ini salah satu dari dua gigi susu bagian atas tanggal… Dengan sendirinya tidak perlu dicabut oleh dokter atau diri sendiri. Maka omponglah sekarang. Dan kejadian ini menjadi tampak lucu serta bagi Naflah terasa kikuk saat hari pertama mau masuk sekolah setelah gigi nya tanggal.
Namun setelah kami jelaskan dan diberi pengertian, akhirnya Naflah makin percaya diri walau jadi ompong. Ini pengalaman pertama Naflah sayang tentunya sangat berbeda dengan saya waktu kecil saat masa masa gigi ku tanggal yang diajarkan saat gigi sudah tanggal diminta mencabut sendiri dengan cara di ikat dengan benang dan ditarik hingga tanggal. Semoga gigi tetapmu akan tumbuh dengan kuat dan bagus anakku.. Rajinlah selalu untuk merawat dan menjaga gigimu ya nak

Ditulis saat bunda mengirimkan gambar Naflah ompong via wa.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: