Hikmah di balik “work underpressure”

Dalam kegiatan keseharian setiap orang tidak akan luput dari hal hal yang penuh tekanan, baik tekanan karena tuntutan pekerjaan atau tuntutan kainnya seperti pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga. Beban kerja dibawah tekanan yang tinggi pada semua orang akan berdampak berbeda. Ada yang dengan terbiasa dalam “high pressure” bisa jadi melakukan hasilnya sangat maksimal karena kadang adrenalin di tantang sehingga ide ide yang tidak muncul mendadak muncul dan kekuatan lain yang menggerakan kita bertambah dari kebiasaan. Namun hal ini ke ih cocok pada perkerjaan konsep atau ide, jarang terjadi pada pekerjaa dengan hasil benda atau barang yang sangat di tunjungan dengan kecukupan waktu pengerjaaanya.

Berikut saya akan sampaikan suatu pengalaman yang terjadi pada pagi hari ini dimana saat menghadap pimpinan yang sebenarnya sudah lama ku kenal namun karena posisi yang berbeda ternyata expectasi dari pimpinan tersebut berbeda, mungkin juga “beliau” juga dalam tekanan juga, mengingat sebentar lagi akan ada rapat besar dimana pemimpin rapat relatif baru dan bisa jadi belum kita kenal cara atau model serta teste kepemimpinannya. Karena faktor ini superviser saya memberikan presure kepada saya dan rekan saya. Saat instruksi disampaikan hanyalah tersedia waktu yang hanya 20 menit untuk membuat presentasi, padahal kemarin sore instruksi dari supervisor yang lain sangat berbeda pesannya.

Tapi dengan semangat dan kebiasaan yang sudah sering saya alami bekerja dalam penuh tekanan serta yang paling utama adalah karena pertolongan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, semua berjalan lancar untuk persiapan membuat materi presentasi, dengan harapan yang akan menyampaikan adalah atasan langsung saya. Namun apa boleh buat kenyataan ternyata berkata lain, atasan saya langsung tidak hadir dalam rapat sehingga mau tidak mau ditunjuk oleh pimpinan rapat untuk ikut rapat dan mempresentasikan teknis penyelenggaraan yang menjadi issue diskusi.

Nervous, pun tidak bisa saya hindarkan walau sebenarnya kegiatan berbicara di depan umum dan presentasi dengan menggunakan media projector tidak asing bagi saya. Setelah ijin untuk membuka presentasi, satu dua page power point terlewati hingga bagian akhir yang kemudian di hal tertentu pimpinan rapat langsung intervensi karena ide yang kami buat perlu di sesuikan dengan gaya dan ide sang pemimpin, tapi buat saya justru sesuatu yang menyenangkan karena justru interaksi antara saya selaku pemberi materi dengan peserta rapat berjalan dua arah / interaktif. Rasa nervous pun akhirnya hilang sendiri dengan saya merasa lebih mencair dan blended dengan environment rapat kali ini.

Kejadian lucu dan sekaligus sebagai rejeki yang kubdapatkan karena ijinNya. Dimana saya hari itu sedang menjalankan saum sunnah senin kamis. Dimana saat saya presentasi berlangsung salah satu yang petugas pantri memberikan hidangan sncak dan teh di samping laptop saya. Kebiasaan yang dilakukan oleh pantri biasanya bertanya apakah sedang puasa? Tapi karen situasi saya sedang berbicara sehingga tidak memungkinkan dia bertanya kepada saya dan langsung di taruh snack dan tek manis. Disaat saya selesai mempresentasikan dan berganti kepada orang lain maka kontan beban yang tadi mengelayuti saya langsung kuruh total dan … Plongggg…. Reaksinya adalah langsung ambil teh dan menyamtap snacknya dan subahanallah aku baru tersadarkan kalau sedang saum setelah cukup lama kurang lebih setengah jam berikutnya…. ya Allah aku sangat lupa kalau sedang menjalankan saum sunnah…… Tapi dengan keyakinan bahwa teh dan makanan kecil tadi telah ku santap diluar bawah kesadaran saya maka saya putuskan untuk lanjut berpuasa…. Semoga allah ampuni kekhilafan saya dan menerima amalan ibadah saum saya.. In-sya allah.

Demikian hikmah yang saya rasakan dari high pressure yang akhibatnya stress berat tapi karena bimbingan dan pertolongan allah saya diberikan kekuatan dan japan keluar atas kehendakNya… In-sya Allah. Amin

Posted from WordPress for Windows Phone

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

