Pangkan Saraneng Dumadi

Untuk orang orang agar jangan lupa akan asal dan muasalnya. Manusia banyak memiliki banyak potensi namun kalau tidak merujuk kepada sangkan paraneng dumadi. Dan ini selaras dengan konsep innalilahi wainailaihi rojiun. Cita cita hidupnya selalu bertujuan untuk kembali kepada Allah. Dengan harapan saat kita kembali adalah sebagai seorang muslim dan seorang yang cerdas.

Al amin, adalah gelar yang diberikan kepada nabi Muhammad SAW sebelum beliau di angkat oleh Allah sebagai rasul. Julukan al amin saat prosesi pemindahan hajar aswad. Dimana akhirnya Muhammad yang di tunjuk menggelar kain dan mengajak orang lain untuk mengangkat secara bersama sama. Dengan kejadian ini maka Muhammad dijuluki sebagai Orang yang bisa di percaya.

Arti kedua al amin sebagai orang yang teruji, yang selalu berorientasi kepada konsep innalilahiwainilahi rojiun.

Sedangkan menurut Aryo mangkunegaran seorang pujangga jawa. Menuampaikan tiga pesan yang harus dikendalikan dalam kehidupan ini yang merupakan buah karya pujangga tersebut yang berkait dengan alquran yaitu :

Arta : Duit, harta, dalam bahasa arap mal , kita diminta untuk bisa mengendalikan arta agar jangan karena harta menjadi kita menjadi orang yang kirir dan sombong.

Winasih : Ilmu pengetahuan, kita bisa mengendalikan winasih agar kehidupan kita menjadi lebih berguna. Menyalah gunakan pengetahuan dengan menerapkan tidak sebagaimana untuk kepentingan orang banyak tidaklah ada artinya.

Wirya: Kedudukan atau pangkat, sebagai manuasia kita harus bisa mengendalikan kekuasaan. Kekuasaan harus ditempatkan untuk mewujudkan kemakmuran bersama . Jangan sampai dengan kekuasan untuk menindas kelomok lemah atau orang yang di bawah kekuasaannya.

Apabila kita tidak dapat mengendalikan ketiga hal tersebut maka kehancuran akan datang, semoga kita terhindar dari itu semua.

Maka sebagai manusia harus ingat akan pangkan saraneng dumadi dan berorientasi Inna lillah sebagai tujuan hidup kembali kepada allah.

Mohon maaf kalau menulisnya kurang tepat. Dirutis di saat jumatan dan disempurnakan di ruang tidur ku

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: