Demagog

Dalam seminggu terakhir suasana mwgeri kita sedikit memanas karena suhu perpolitikan meningkat khususnya antara KPK dengan POLRI. Masyarakat menjadi terbelah pandangannya terhadap dua isnstitusi tersebut. Masyarakat yang geram dengan keputusan POLRI menangkap BW yang merupakan salah satu komisioner lembaga antirasuah tersebut memunculkan gerakan yang di kenal dengan nama SAVE KPK. Gerakan ini berupa dukungan moral kepada KPK agar tidak di kriminalisasi. Ya… Mereka berkumpul…. Berorasi menyampaikan pendapat bahkan sampai menginap di gedung lembaga antirasuah ini.

Pihak yang merasa di serang oleh gerakan ini kemudian merespon dengan istilah “rakyat nggak jelas” . Hingga salah satu dari pejabat negara ini akhirnya memunculkan istilah “DEMAGOG”.

Salah satu penerapan dalam bentuk kalimat sebagai berikut :……. Saya kira para demagog, pengamat, demonstran bayaran dll yang menebar kebencian, permusuhan, selalu menyalahkan tanpa punya jalan keluar yang sejatinya hanya anti kemapanan, harus dijebloskan ke penjara!” tulis Hendropriyono dalam pesan tertulis…… (http://goo.gl/JebXQp).

Tapi saya tidak akan membahas perihal peningkatan suhu politik negeri kita. Yang menarik buat saya ungkapkan adalah muncul istilah yang bagi saya sendiri atau mungkin juga sebagian orang lainnya relatif baru atau jarang digunakan sebelumnya. Ya demagog inilah yang akan saya kupas.

Mari kita intip di kamus besar bahasa Indonesia,…demagog /de·ma·gog/ /démagog/ n Pol penggerak (pemimpin) rakyat yg pandai menghasut dan membangkitkan semangat rakyat untuk memperoleh kekuasaan….. http://kbbi.web.id/demagog

Menurut arti kamus, demagog adalah pemimpin dari sekelompok orang orang. Yang punya kompetensi “menghasut” dan memberi semangat dengan tujuan memperoleh kekuasaan. Jadi istilah ini lebih bersifat negative, walau cara dan tujuan antaranya adalah membangkitkan semangat.. Alias mereka adalah seorang motivator. Namun karena lekat dengan kata menghasut… Yang arti kkbi : menghasut /meng·ha·sut/ v 1 membangkitkan hati orang supaya marah (melawan, memberontak, dsb): ia ditangkap polisi krn ~ rakyat; ….

Jadi menurut saya penggunaan istilah demagog yang di tujukan kepada orang orang yang ingin membela lembaga antirasuah sebagai penegak anti korupsi di negeri ini kurang pas. Toh mereka juga tidak secara langsung akan merebut kekuasaan. Justru penggunaan istilah demahig oleh pihak sebelah sebagai bentuk penghasutan juga kepada rakyat yang lainnya supaya timbul kebencian atau kemarahan kepada gerakan save KPK ini. Demikain tulisan kecil yang sejujurnya tidak ingin ikut berpolemik terhadap kondisi negara ini, namun karena semangat menemukan istilah batu sehingga menjadi challanging buat saya untuk mencari tahu apa arti dan penggunaan yang tepat dari istilah demagog ini. Semoga bermanfaat.

Ditulis diatas commuter line

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: