Irrational Exuberance

Istilah apa sih ? Makanan apa sih? Saat kutulis menjadi status di bbm ku ada yang langsung menanyakan apa arti dari Irrational Exuberance. Awalnya saya juga tidak paham istilah apa ini. Saya tertarik karena dalam kultwit @strategi_bisnis menuliskan menurut pakar psikologi keuangan menyebutkan istilah irrational exuberance.

Dalam penterjemahan bebas irrationak exuberance adalah saat dimana ribuan/jutaan orang berbondong bondong membeli sesuatu karena dorongan emosi kolektif, yang acap kali tidak rasional. Emosi kolektif ini dipengaruhi oleh faktor manusia yang mudah latah. Mudah meniru dengan perilaku kerumunan ” herding behavior”.

Mengapa fenomena irrational exuberance bisa muncul? Padahal perilaku ini adalah tidak rasional, hal ini disebabkan karena seperti yang saya tuliska di atas, manusia mudah latah, fan mudah meniru perilaku kerumunan. Untuk menjelaskan fenomena irational exuberance saya akan mengingatkan pada waktu beberapa tahun lalu fenomena tanaman yang super mahal harganya, ya.. Tanaman dalam pot yang dikenal dengan nama anturium, dengan berbagai varietasnya ada yang anturium germani, gelombang cinta dan lain lain. Pada saat terjadi booming, harga sebuah pohon yang biasa menjadi mempunyai nilai yang sangat luar biasa hingga mencapai ratusan juta. Namun apakah hal itu berlangsung lama ? Tidak hanya beberapa bulan saja atau paling satu tahunan. Namun semua orang dari yang berprofesi pencinta tanaman sampai seorang satpam semuanya mengalami eforia gelombang cinta, termasuk saya atau mungkin anda juga. Ya fenomena ini yang dimaksud dengan irrational exuberance.

Masih dengan penjelasan serta fenomena yang akhir akhir ini sedang booming lagi. Pasti anda pernah dengar atau termasuk anda pelaku atau korban dari fenomena booming batu akik. Ya batu akik, bukankah dari duku sejak kecil kuta juga sering mendengar bayu akik yang bisa digunakan sebagai pemanis cincin atau liontin. Dari dulu bayu mukia ini sudah memiliki nilai seni dan harga yang mahal, namun tetap pada waktu dulu hanya menjadi ramai di komunitas tertentu. Tapi apa yang terjadi akhir akhir ini? Semua orang hampir terlibat entah sebagai pelaku pengguna batu akik atau sekedar ikut dalam diskusinya. Semua level masyarakat ramai mencari bayu akik, oinggir pinggir jalan setiap pojokan atau pertigaan ada kios yang mengolah batu akik dari menjadikan bahan mentah hingga memasang cincin dengan menggunakan logam perak, titanium atupun logam lainnya.

Nah fenomena booming batu akik akan bertahan berapa lama ? Kita lihat segera kuat issue itu di jaga dan di maninkan oleh pemilik modal. Nah apakah kita bisa mengambil kesempatan untuk mendapatkan profit di fenomena ini? Ya silahkan ini fenomena yang siapa saja boleh terlibat untuk mengambil peran masing masing termasuk mendapatkan profit sebanyak banyaknya dari fenomena ini. Kedepanpun akan muncul fenomena irrational exuberance lainnya bukan hanya anturoum gelombang cinta dan batu akik.

Semoga menjadi pemahaman buat kita untuk bisa mengambil manfaat dari fenomena sesaat yang terjadi di sekitar kita di jamannya.

Ditulis di atas commuter line

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: