Seksual Matang Dini

Tadi malam iseng iseng browsing dengan mengunjungi beberapa blog yang bagus menurut penilaian saya. Salah satu yang saya baca dari salah satu pemerhati tumbuh kembang anak. Dalam artikel yang ditulisnya adalah mengenai seksual matang dini atau di kenal dengan sebutan SMD.

Apa sih sebenarnya SMD itu?
Kematangan seksual pada anak usia dini, hal ini bisa terlihat dengan anak mulai tertarik dengan lawan jenisnya, atau membicaran masalah seksual. Sebenarnya membicarakan masalah seksual adalah hal yang normal, hanya saja apabila terjadi pada usia anak anak menjadi belum pas. Inilah yang disebut dengan seksual matang dini.

Menurut pemerhati anak, Ayah Edy… Kematangan seksual pada anak dipengaruhi karena fakyor makanan sekarang ini yang banyak produk olahan baik berasal dari ayah atau daging yang dalam pembesaranya banyak mendapatkan hormon pertumbuhan. Memang belum ada bukti laboratorium namun hubungan antara hormon yang disuntikan ke hewan tersebut yang akhirnya akan ter konsumsi melalui makanan olahan sekarang ini.

Faktor lain adalah dari external yang berupa paparan visual baik dari televisi, internet ataupun game game tantangnya yang diselipi juga tampilan visual pornografi. Televisi sekarang ini banyak menyajikan tontonan baik film ataupun sinetron tentang percintaan atau pacaran yang di contohkan pada anak anak sd atau smp.

Jadi kita sebagai orang tua untuk lebih peka melihat tumbuh kembang anak anak kita. Untuk mencegah atau mengurangi pengaruh SMD, bagi yang belum lakukan upaya pencegahan dengan tipe berikut.

Beberapa tips yang harus dilakukan oleh orang tua terhadap anak anaknya dalam rangka mengantisipasi SMD :

Televisi :
Hampir dalam kehidupan kita sekarang ini banyak yang tidak bisa lepas dari yang namanya TV, diluar nilai manfaatnya, tv juga banyak mudaratnya. Tayangan sinetron tentang cinta dan pacaran, menjadi hal yang mudah sekali di akses anak dan bisa di tiru mereka minimal bahasa yang dipakai disinetron, jadi KURANGI atau DAMPINGI anak anda.

Smartphone :
Dalam dunia digital sekarang ini menjadikan akses semua orang memiliki smartphone dengan terkoneksi dunia luar melalui internet sangat tidak bisa dihindarkan. Berilah pemahaman putra putri kita tentang penggunaan smartphone.

Komunikasi
Komunikasi personal antara anak dengan orang tua diharapkan dapat tercipta sehingga anak benar benar mendapatkan quality time sehingga apapun yang didapatkan dibluar rumah selalu di sampaikan, diceritakan dan di komunikasikan dengan orang tuanya, sehingga apabila ada hal yang mengarah ke negatif orang tua lebih cepat antisipasinya atau dengan cara lain akan diarahkan ke hal hal yang lebih positive.

Bagaimana jika anak anak kuta sudah terlanjur masuk dalam gejala SMD? tidak usah terlalu khawatir, berikan dampingan yang secara sentuhan personal, kalau anak mendiskusikan tentang seksual arahka ke pemikiran sains, fungsi organ seksual untuk reproduktif dengan memberikan contoh pada reproduksi hewan dan tumbuhan, minimalkan pemahaman seksual kearah visual yang menggairahkan selalu balikan atau arahkan kepada seksual sains.

Demikian coretan kecil dari membaca sana sini yang insya allah berguna buat kami sekeluarga dan juga buat sahabatku apabila menghadapi permasalan atau sebagai langkah antisipasi anak anak kita terkena Seksual Matang Dini.

Ditulis di rumah saat anak menunggu waktu ngantuk datang.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: