Menjaga rutinitas kegiatan positive

pernahkan anda mekanika kegiatan yang baik dari sisi manfaat langsung atau manfaat jangka panjang? Pastilah kita semua pernah melakukannya. Kebisaan baik ini apakah anda telah kerjakan secara rutin? Nah apakah dalam siklus hidup anda pernah melakukan ketidak rutinan hal yang baik ini?

Kalau ketiga pertanyaan ini di jawab dengan “ya” itu artinya anda pelaku hidup sehat atau positive dan sebagai manusia yang normal karena pernah melakukan kegiatan yang tidak terus menerus, kalau terus menerus tanpa henti kita “mesin dunk ya “.

Nah apapun kegiatan yang baik dan berlangsung secara rutin frekuensinya namun pernah bolong, tentu pada saat akan memulai kembali seakan akan di butuhkan tenaga extra agar pola rutinitas ini menjadi kebiasaan kembali.

Ini adalah pengalaman pribadi :
Saya bekerja di suatu kantor dengan gedung setinggi empat lantai. Pada awal saya bekerja selalu menggunakan elevator untuk menuju lantai yang lebih tinggi. Saya bekerja hampir lima belas tahun dan sudah lebih dari sepuluh tahun saya mendedikasikan diri tidak akan menggunakan elevator selama di gedung tempat saya bekerja. Dan ini sudah saya buktikan sendiri. Bahkan temen temen sangat paham kalau saya sudah tidak menggunakan lift ( elevator) untuk menuju lantai yang lebih tinggi atau turun. Saya meniatkan diri aktifitas naik dan turun menggunakan tangga sebagai optional diri saya pengganti olahraga.
Pernahkan anda mengalami macet saat berada dalam kendaraan di jakarta atau kota lainnya. Nah salah satu yang menjadi pilihan saya adalah menggunakan public transportation yang punya halte permanen, sehingga mau tidak mau untuk naik dan turun dari kendaraan umum tidak dekat dengan kantor tetapi lumayan jaraknya. Manfaat yang saya peroleh adalah kesempatan saya berjalan kaki dari halte ke kantor dan sebaliknya. Ini pun saya jadikan rutinitas keseharian.
Aktifitas lain yang behubungan dengan fisik tetapi ada kainyan dengan menjalankan sunatillah yaitu puasa senin kamis. Sungguh indah dan nikmat dapat menjalankan aktivitas saum / puasa ini selain nilai fisik juga religi.

Semua yang dijalankan secara kontinus atau biasa tentunya tidaklah menjadi beban apalagi kalau semua itu didasarkan pada passion atau kecintaan akan hal tersebut. Sehingga segala sesuatunya dilakukan atas dasar suka atau cinta pada aktifitas tersebut tentulah aka dilaksanakan dengan ihklas. Namun begitu rutinitas terhenti tentulahsaat akan memulai kembali dibutuhkan “effort” yang sangat luar biasa. Padahal hal tersebut kalah dilakukan di periode rutin tidak ada hal yang memberatkan. Maka manakala anda mempunyai aktivitas positive dan telah dilakukan secara teratur san rutin maka lakukanlah secara terus menerus. Karena menjaga atau mempertahankan kebiasaan positive akan lebih mudah dari pada anda terputus kemudian harus memulai kembali. Ini pernah terjadi pula pada diri saya pribadi manakala mau memulai kembali puasa sunah senin kamis begitu terasa berat sekali akan gangguan dan cobaan itu. Cerita teman pengidap hiv saat sudah memulai minum obat. Dimana selama hidupnya untuk terus menerus meminum obat anti retroviral sepanjang hidupnya. Dan apabila putus obat, selain dibutuhkan dosis obat yang lebih tinggi karena pengaruh resistensi tentu kebosanan juga akan dihadapi pengidap hiv dan aids.

Jadi lakukanlah semua aktivitas positive dengan suka dan konsisten untuk mempertahankan dan mendapatkan hasil yang baik. Setidaknya untuk diri sendiri atau bahkan menjadi motivasi buat orang lain atas ke konsistentan anda atau istiqomahnya kita dalam beraktivitas.

Ditulis di kamarku saat di challage oleh penggemar rutin tulisanku. Semoga bermanfaat.

Posted from WordPress for Windows Phone

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

