Proud of you, PMI Volunteers

Pesawat Air Asia rute Surabaya-Singapura dinyatakan hilang kontak pada Ahad pagi, 28 Desember 2014. Bertolak dari Bandara Juanda, pesawat itu membawa 155 orang penumpang dan 7 awak pesawat. Di antara penumpang ada warga negara asing, yakni Prancis, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Inggris.

Pesawat berkode QZ8501 itu dinyatakan hilang setelah meminta izin untuk menaikkan ketinggian pada Air Traffic Control. Semula, Kapten Iryanto, pilot Air Asia, terbang pada ketinggian 32 ribu kaki, lantas meminta pada ATC untuk naik hingga 38 ribu kaki.

Setelah hari ke 4 baru ditemukan jenazah dan serpihan dari pesawat air Asia QZ8501 di laut Jawa Selat Karimata. Sehingga Pemerintah menetapkan tiga lokasi utama yaitu : Kantor Basarnas di Jakarta, Lanud Pangkalan Bun (kalteng) dan Lanud Juanda (Surabaya).

Palang Merah Indonesia meski sedikit perananya tetapi mempunyai arti yang besar dari rangkaian upaya penyelamatan dan evakuasi korban pesawat tersebut. Dengan menurunkan para relawannya baik di Kalteng, Jatim juga dari daerah lain. Memang tugas kalian adalah membantu tim SAR yang di bawahnya di mobilisasi dari unsur TNI dan Polri serta unsur pemerintah lainnya. Dalam penugasannya tim PMI bertugas untuk membantu polisi dari unit DVI Polri melakukan pendataan dari para keluarga korban untuk data yang akan di cocokan dengan para korban. Juga sebagai tim evakuasi baik di lokasi kejadian maupun dalam pesawat angkut dari pos pangkalan bun menuju surabaya menggunakan pesawat hercules milik TNI. berikut berapa liputan foto, sambil ikut sedih dan berduka kepada para korban dan keluarga nya namun bangga pada para relawan yang di tugaskan disana. Walau saya sudah lama di PMI namun aku tak memiliki baju seragam yang kalian pakai. Selamat bertugas kawan ku.

Mengingatkanku saat ssepuluh tahunyang lalu aku bertugas di meulaboh untuk membantu korban Tsunami Aceh 2004

Foto dari kiriman Euis Komalasari.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: