Minum obat massal

Kota depok merupakan salah daerah endemis filariasis atau kaki gajah. Karena endemis ini maka pemerintah kita Depok menjalankan program pencegahan tahunan dengan meminum obat secara masal. Tahun ini sepertinya tahun terkhir yang pemberian obat ini dilakukan selama lima tahun. Dilingkungan kami kegiatan ini di motori ibu ibu kader posyandu yang mempersiapkan dan melaksanakan minum obat secara massal ini, denga mendapt supervisi dari kelurahan dan puskesmas di daerah kami.

Sedikit kita kipas apa itu filariasis, Filariasis adalah penyakit zoonosis menular yang banyak ditemukan di wilayah tropika seluruh dunia. Penyebabnya adalah sekelompok cacing parasit nemtoda yang tergolong superfamilia Filarioidea yang menyebabkan infeksi sehingga berakibat munculnya edema. Gejala yang umum terlihat adalah terjadinya elefantiasis, berupa membesarnya tungkai bawah (kaki) dan kantung zakar (skrotum), sehingga penyakit ini secara awam dikenal sebagai penyakit kaki gajah. Walaupun demikian, gejala pembesaran ini tidak selalu disebabkan oleh filariasis, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. ( Wikipedia indonesia).

Pencegahan dengan pemberian obat filariasis yaitu DEC 100 mg @ 3 tablet dan Albendazol 400 mg @ 1 tablet yang harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh di seluruh warga yang tinggal di daerah endemis selama 5 (lima) tahun berturut turut.

Mengapa harus dilakukan secara massal, hal ini untuk memastikan tidak ada satu warga pun yang tidak minum obat filariasis ini. Karena dengan dilakukan secara kompak dalam rangka menghilangkan secara menyeluruh dan tuntas. Karena apabila ada yang masih tertinggal aka dengan mudah menularkan atah ditularkan oleh nyamuk.

Hal nyata terjadi pada orang yang terkena filariasisi adalah terjadinya pembekaka dj bagian kaki nya yang cukup besar sehingga penyakit ini di kenal penyakit kaki gajah.

Demikian program pemerintah yang melibatkan partisi pasi warga guna menuju kota depok terhindar dari endemi filariasis ini. Berikut liputan kegiatan minum obat bersama ini yang dilakukan di perumahan kami.

Ditulis saat mah tidur paska meminum obat pembagian tersebut.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: