PERINGATAN HARI AIDS SEDUNIA 1 DES 2014

Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS): ‘Cegah dan Lindungi Diri, Keluarga dan Masyarakat dari HIV-AIDS dalam rangka Perlindungan HAM’Peringatan HAS yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya ini merupakan momentum penting bagi semua sektor yang bekerja di bidang penanggulangan HIV dan AIDS sebagai pernyataan komitmen terhadap epidemi HIV dan evaluasi terhadap upaya penanggulangan yang telah dilakukan. Di Indonesia, peringatan HAS telah secara berkala dilaksanakan dan dipimpin secara bergantian oleh anggota KPAN yang mana tercantum dalam Perpres No. 75/2006 dengan berdasarkan penunjukan dari Bapak Menkokesra selaku Ketua KPA Nasional.

Tahun ini sebagai panitia adalah Kemenkumham, maka tema kali ini pun di kaitkan dengan tema HAM. Jumlah kasus HIV dan AIDS dari segi jumlah selalu meningkat, hal ini bukan saja karena temuan kasus baru tetapi juga kasus yang selama ini tertutupi semakin banyak terungkap dengan semakin banyaknya diseminasi informasi kepada masyarakat yang diharapkan akan meningkatkan pengetahuan seluruh masyarakat tentang cara cara penularan dan pencegahan HIV yang artinya dengan tingkat pemahaman yang tinggi akan mengurangi laju pertumbuhan kasus baru. Faktor kedua adalah makin banyaknya pusat layanan HIV yang sifatnya komprehensif seperti layanan VCT, pendekatan konseling ini memungkinkan pengungkapan kasus yang sudah lama akan tertangkap dan tentunya semakin mudah pula penanganan lanjutnya bagi mereka yang terkena HIV, inilah salah satu pengungkapan “fenomena gunung es”.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah masih adanya stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV dan AIDS (Odha). Upaya peningkatan pengetahuan masyarakat yang baik harapanya akan semakin mengurangi kasus stigma dan diskriminasi yang di rasakan pengidap HIV.

Sejalan dengan tema peringatan hari AIDS sedunia tahun ini, sangatlah pas bagimana peran serta masyarakat khususnya perlindungan Odha agar mereka tetap bisa hidup layaknya warga masyarakat lainnya termasuk juga untuk mendapatkan hak pekerjaan, layanan kesehatan dan juga yang tidaklah kalah pentingnya adalah hak mendapatkan keturunan. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini memungkinkan perempuan atau laki laki yang di dalam tubuhnya terdapat virus HIV bisa mendapatkan keturunan dan terbukti anak hasil keturunan Odha bisa terbebas dari virus HIV.

Palang Merah Indonesia (PMI) sudah sejak awal tahun 2000an sudah terlibat aktif dalam upaya – upaya pencegahan HIV dan AIDS melalui penyebarluasan info dan pengetahuan masyarakat khususnya anak anak muda dengan pendekatan Pendidikan Sebaya. Dimana penanaman konsep pencegahan HIV yang disampaikan oleh dan sesama remaja dengan pelibatan orang orang yang terdampak HIV. Tee.asum bagaimana menumbuhkan budaya untuk tidak membedakan pertemanan dan bisa menerima Odha dalam kehidupan sehari hari. maka marilah kita terus gelitakan semangat pencegahan HIV dan AIDS paling tidak di lingkungan terdekat kita agar status kesehatan masyarakat Indonesia makin meningkat yang juga menjadi komitmen global guna terwujudnya target dari Millenium Development Goals (MDGs). Bisa jadi orang yang selama ini anda kenal dekat salah sayu diantaranya adalah seorang Odha. Sayangi dia ajaklah dia untuk selalu berbudaya dan berperilaku sehat.

Semoga gerakan ini tidak hanya di gelorakan pada awal bulan desember setiap tahunya tetapi sepanjang hayat. Marilah kita sebagai insan masyarakat untuk : Berani Beda Expresikan Hakmu

Semoga tidak salah dalam menuliskan opini saya, maklum hampir lima tahun lebih sudah tidak menggeluti dunia kesehatan masyarakat khususnya HIV. Mohon maaf apabila ada salah penulisan, ataupun belum menggunakan pendekatan keilmuan yang kekinian.

Ditulis di atas kereta.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: