Antara Ilmu dan Harta

Pesan utama jumah selalu dengan pesan ketakwaan. Namun kali ini khatib mengambil tema antara Ilmu dan Harta

Perbedaan seseorang yang punya banyak ilmu dengan seseorang yang banyak harta. Semakin banyak ilmu dan ilmubitu di bagikan yang akhirnya bermanfaat akan terus menjadi pahala yang kelak akan menjagamu. Tapi seseorang yang banyak harta tetapi tidak di manfaatkan untuk kepentingan orang banyak, maka kita menjadi binggung karena kita yang harus menjaga hartanya. Jadi yang terbaik adalah seseorang yang berharga dengan ilmhbyabg di milikinya mempergunakan hartanya di jalan allah.

Dalam ilmu islam, pembelajaean disesuikan dengan kelompok usia.
Diusia anak anak adalah belajar alquran hingga khatam dan hafal.
Diusia Remaja adalah belajar ilmu scientis seperti matematika dan ipa.
Diusia Dewasa imtaq dan iptek, yaitu akan mengaplikasikan ilmu science yang digunakan untuk kemaslahatan umat dengan didasari atas keilmuan alquran.

Ada tiga perkara yang harus diketahui kita untuk Kendalikan nafsumu dengan tiga cara yaitu:
Jika kamu berbuat sadarialah kalau allah selalu melihatNya.
Jika kamu berucap sadarilah kalau allah selalu mendengarNya.
Jika kamu diam sadarilah kalau allah pun selalu tahu apa yang kamu pikirkan.
Dari sahabat atim.

Tambahan ceramah singkat setelah shalat jum,at .

Ustad ahmad alhabsy
Ada seorang anak yang membiarkan ibunya tinggal di kandang kambing. Ada anak yang meminta membayar hutang milyaran karena masalah rumah. Kenapa nabi umat nabi nuh ditenggelamkan, Kenapa tsunami Aceh bisa terjadi. Semua mungkin karena allah murqa, kenapa allah murqa ? Sudah terjadi dosa besar .. Dimana Banyak anak yang durhaka kepada orang tua. Banyak orang mencati surga jauh jauh dari runahnya. Pafahal surga itu ada dirumah kita, kuncinya adalah berbuat baiklah kepada orang tua mu. Karena surga begitu dekat dengan ayah dan ibumu. Maka resepnya adalah ASDR : ada surga dirumahku… Ada sebuah kisah, Kisah Jureh namanya.. Ia seorang Ahli ibadah. Namun Ibunya kecewa hingga meneteskan air mata karena saat jureh mulai shalat ibunya memanggil … Jureh… Hati kecil jureh berkata haruskan aku memenuhi panggilanmu atau ibuku. Ibunya memanggil kembali Jureh… Hingga ketiga kalinya tapi jureh tetap shalat. Sehingga ibunya meneteskan air mata dan berdoa kepada Allah agar hidupnya jureh mendapat kesengsaraan dengan difitnah telah bersina dengan pelacur. Akhirnya jureh pun di maki, dj jauhkan dan di hukum oleh masyarakat. Namun setelah ia meminta ampun pada ibunya akhirnya juteh pun kembali menjadi orang besar yang disegani masyarakat. Demikian sepenggal cerita bahwa mencari surga tidaklah harus jauh jauh tapi carilah surga dirumahmu. Sebagai cuplikan dari buku karya ustad Ahmad alhabsy.
Disampaikan dalam Jumatan di masjid al iqro BPPT, Jakarta.

Semoga cerita ini saya tuliskan dengan benar dan apabila ada yang kurang pas saya mohon maaf atas ketidak mampuan saya menangkap ilmu yang disampaikan dalam majelis jumah hari ini. Semoga bermanfaat.

Ditulis di atas kereta.

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: