Belajar ihklas pada tukang parkir

Khutbah jumat kali ini sang khotib mengajarkan dan mengingatkan kita tentang bagaimana kita belajar ihklas. Dalam beberapa riwayat kita sering mendengarkan cerita dari Rasullulah Muhammad SAW, dimana beliau pernah di caci dan selalu di benci oleh sorang buta yang tinggal dipasar, setiap saat sang buta itu selalu mencaci Muhammad, namun dibalik itu semua si buta selalu mendapat kan makanan dan disuapin oleh seseorang yang tak pernah iya kenal, iya selalu mendapatkan makanan dengan perlakuan lemah lembut dan tak pernah berhenti mencaci Muhammad. Dia tak pernah tau kalau yang selama ini memberi makan dan menyuapin adalah orang yang paling dia benci, dan cerita ini pernah diceritakan kepada sahabat nabi Muhammad.

Suatu ketika, Nabi Muhammad meninggal dunia, maka berita itupun tersebar hinga kepada sibuta yang pembenci Muhammad. Salah seorang sahabat nabi, berusaha meneruskan kebiasaan baik yang dilakukan rasulullah Muhammad SAW, maka tugas kebiasaaan memberi makan dan menyuapin makan sibuta di ambil alih oleh sahabat nabi, dengan penuh gembira sibuta menyampaikan kalau dia cukup senang karena Muhammad telah meninggal, namun saat mendapatkan suapan makanan dari sang sahabat, sibuta bertanya mengapa cara menyuapin mu berbeda ? Pertanyaan keluar dari si buta melihat tangan yang menyuapin kali ini kasar, hingga akhirnya sang sahabat nabi menyampaikan, kepada si buta, ketahuilah bahwa orang yang selama ini kamu benci dan selalu dimaki adalah orang yang selalu memberinh makan dan menyuapin.

Mendengar itu maka si buta teriak dan meminta maaf, bahwa orang yang selama ini di bemcinya adalah orang yang selalu berbuat baik untuknya. Inilah kisah paling tinggi tentang keihklasan seseorang yang di contihkan oleh baginda nabj Muhammad saw.

Semoga Allah muliakan Nabi Muhammad dan menjadikan contoh serta pelajaran buat itang orang yang mau mengkaji dan mendengarkan sejarah nabi.

Pelajaran serupa yang mungkin bisa kuta pelajari saat ini tentang keihklasan adalah pada diri seorang tukang parkir, mereka bisa mendapatkan 10 atau bahkan setayus,mobil dan motor yang mewah dan bagus, namun dia tidak pernah sombong dan angkuh atas harta titipanya itu, karena si dia sadar bahawa mobil dan motor yang bagus itu hanyalah titipan, saat yang punya mengambilnya si tukang parkir itu akan ihlas untuk melepaskanya motor atau mobil yang di titipkannoleh pemiliknya.
Demikianlah sekelumit cerita ketauladananbtentang belajar ihllasyang bisa di jumpai saat ini

Posted from WordPress for Windows Phone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: