Koq ngembang kacang tho…?? Kenapa ?

Sesaat pulang jum’atan aku melintas halaman rumah yang ada pohon duriannya, dan ku tengok ternyata pohon itu sedang berbunga. Dari obrolan bersama teman saya jadi tertarik untuk mengingat apa nama dalam bahasa jawa dari bunga-bunga pohon. Karena saya ingat ajaran para orang tua termasuk guru di sekolah dasar aku di ajarkan etika bersopan santun, termasuk juga dalam menyampaikan komentar/pendapat/masukan kepada orang lain dengan “positive way” yang menjadikan seseorang tidak merasa tersinggung.

 

Salah satu yang kuingat setelah saya browsing di internet ku temukan nama kembang ( bunga) durian yaitu “dlongop”. Dan ternyata ada nama Bunga dari kacang “besengut”. Ternyata aku inget orang tua saya kalau melihat orang atau saya atau saudara saya sedang sedih mukanya tampat cembetut (Jawa : mbesengut); dan orang tua saya mengatakan kepada saya dengan positive way,

…… wien neng angapa koq ngembang kacang…. Bhs Indonesia wien kenapa koq “Bungan kacang”

Bunga kacang kan artinya besengut, nah melalui kelembutan / positive way nya kita bisa merasa deket dengan orang yang menanyakan. Dan ternyata nama nama bunga itu banyak di gunakan untuk menyampaikan pesan dengan “bahasa yang lain” berikut saya sampaikan dari blog tentang nama nama kembang dalam bahasa jawa.

-Kembang aren = dagu
-Kembang blimbing = maya 
-Kembang cengkeh = polong

-Kembang duren = dlongop 
-Kembang gedhang = ontong

-Kembang jagung = sinuwun 
-Kembang jambe = mayang

-Kembang jambu = karuk 
-Kembang kacang = besengut

-Kembang kapas = kadi 
-Kembang kara = kepek
-Kembang kecipir = cethethet 
-Kembang kelor = limaran

-Kembang kencur = sedhet 
-Kembang kluwih = onthel

-Kembang kopi = blanggreng 
-Kembang krambil = manggar

-Kembang lombok = menik 
-Kembang mlinjo = uceng
-Kembang nangka = angkup 
-Kembang pace = nyrewenteh

-Kembang pete = pendul 
-Kembang pohong = ingklik -Kembang pring = krosak 
-Kembang randhu = karuk
-Kembang salak = ketheker 
-Kembang suruh = drenges -Kembang tebu = glagah 
-Kembang timun = montro -Kembang widara = rejasa 

 

Sumber : http://peperonity.com/go/sites/mview/sinaujawa/23822203

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

