Makna Isra Miraj #Jumatan 07062013

Apakah perjalanan nabi Muhammad SAW saat Isra – Miraj hanya jiwanya saja atau dengan badanya, ada perbedaan pandangan para ulama. Siti aisyah termasuk yang meyakini pendapat perjalananya adalah perjalanan jiwanya saja, karena badanya tertidur di Mekah, namun bukan mimpi biasa, karena Nabi muhammad meyakini dan menyadari mimpi tersebut dalam perjalanan malam tersebut.

Israil, perjalanan malam, keturunan nabi yakub sering dikenal dengan bani israil, yaitu hamba tuhan yang melakukan perjalanan malam, namun perjalannya tidak ke langit. Berbeda dengan Muhammad yang melakukan Miraj.

Perjalanan Miraj adalah ajang dialog dan konsultasi (advice) dengan para nabi yang lain. Yang dalam hal ini adalah ketentuan rakaat shalat wajib kita. Ini adalah pembelajaran meminta nasihat adalah sesuatu yang wajar saja, yang artinya nabi muhammad bukan pembuat agama itu sendiri, tetapi ajaran ini adalah ajaran kelanjutan yang ada hubunganya dengan ajaran yang lain sebelumnya. Terutama konsulatasi dengan nabi Musa AS.

Jadi kita tidak perlu merasa direndahkan apabila ada statemen “shalatnya orang islam sama dari sisi waktunya dengan orang yahudi” kalau orang islam yang berpengetahuan tidak akan kaget, karena Islam sendiri adalah agama kelanjutan dari agama sebelumnya. Yaitu Islam sebagai agama yang paling sempurna. Yang artinya kita tidak boleh mengangap agama yahudi dan nasrani semuanya salah, justru kalau ingin memahami islam lebih jauh kita bisa belajar dari sisi pengetahuan tentang kajian kajian agama tersebut.

Jadi Isra-Miraj adalah perjalanan ruhani nabi Muhammad SAW bertemu denga Allah SWT serta pertemuan konsulatsi dengan para nabi sebelumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: