Kencur datang batuk hilang

kencur si bumbu dapur

kencur si bumbu dapur

Kencur, kita sering mengenal sebagai bumbu dapur. Namun aku lebih dari itu, kencur datang batuk hilang !!!!

Ya, ini slogan yang saya pahami dan kuamalkan mana kala aku mengalami batuk, cara praktis nya adalah dengan cara cukup masuk kedapur dan cari di tempat bumbu dapar dan temukan si Kencur. Setelah ditemukan ambilah seruas jari tangan lalu bersihkan kulitnya dengan cara mengupas atau cukup dicuci bersih. Setelah itu kencur siap disantap. Ilmu ini saya dapatkan turun temurun dari embah dan ibu saya. Bahkan yang selalu kami praktekan, saat kencur di makan dengan cara di kunyah terlebih dahulu, bagi sebagian orang terlalu kuat rasa “getir”nya. Namun ajaran ibuku untuk menghilangkan rasa yang terlalu kuat dari si kencur dengan menambahkan garem supaya mengurangi rasa getirnya.

Pengalaman saya, setelah beberapa saat menyantap kencur alhamdulillah batuk pun segera hilang. Secara langsung memang kita bisa merasakan hangat dan benar benar fresh di tenggorokan kita. Jadi memang rempah rempah sekarang ini banyak dijadikan bahan bahan obat, khususnya obat obatan klasifikasi herbal atau yang berasal dari tetumbuhan.

Kencur yang nama ilmiahnya : kaempferia galanga L. Salah satu tanaman obat/ empon empon dari suku temu temuan. Rimpang atau Rizoma dari tanaman ini mengandung minyak astiri dan alkaloid yang berfungsi sebagai stimulan. Inilah yang kemudian saya praktekan mana kala saya batuk namun kalau batuh dirasa cukup parah sebaiknya mengambil tindakan medis untuk pertolongan lebih bagus. Sebagai alternative pertama yang bebas kimia pantaslah kencur dijadikan alternative pengobatan batuh.

Semoga bermanfaat

Salam, Belajar tak berkesudahan

kencur yang sudah di kupas siap santap

kencur yang sudah di kupas siap santap

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

