Mempersiapkan masa pensiun

Masa pensiun kita bisa dibilang masih cukup lama. Kata seseorang saat kami ajak diskusi. Namun terlepas dari hal tersebut, apakah tepat walau masih jauh kita tak melupakan untuk memikirkannya.

Wacana pemerintah sekarang ini akan atau telah merubah kebijakan tentang pensiun bagi pegawai negeri sipil dan TNI POLRI. Dulu orang yang pensiunan setiap bulan mendapatkan benefit yang bisa di terima secara bulanan dan secara sistemik dan psikologis walau telah purna tugas kebiasan mendapatkan gaji rutin diawal bulan selalu didapatkan. Namun pendekatan yang akan di ambil pemerintah sekarang ini sepertinya berubah. Dimana pensiun akan di berikan tepat setelah akhir masa purna tugas.

Sebagai konsekuensi logis, kalau pendekatan yang kekinian, setiap orang yang menerima hak pensiunnya pada mement tersebut merasa mendapatkan uang yang mungkin diluar kebiasaannya. Namun bagaimana kah kita menyikapi pendekatan pensiun yang model all in pada saat masa pensiun tiba. Tentunya kebiasaan pengelolaan keuangan masa lalu akan sangat menentukan pada saat waktu pensiun tiba dengan menerima uang yang banyak. Tentunya pengelolaan keuangan bisa dialokasikan melalui kegiatan investasi atau bisnis rumahan yang intinya secara sumber pendapatan bulanan tetap bisa diperoleh.

Memang hal ini tidaklah mudah, tapi dengan rentang waktu bekerja kita yang masih cukup, maka saat ini pulalah waktu yang tepat untuk memikirkan masa pensiun nanti. Kita tidak boleh bergantung pada pendapatan pensiun kita. Maka sepatutnyalah kita harus mempersipakan masa pensiun kita sejak sekarang. Dan ingat besaran uang pensiun ditentukan dari sebarapa besar kita menanamnya disaat kita masih aktif bekerja.

Salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: