Mengelola internet rumah, secara bijak dengan “parental control “

Orang Tua “wajib” paham

Internat rumahan

Pada masa tahun sembilan belas sembilan puluhan internet termasuk barang yang langka dan exclusive. Untuk bisa mengaksesnya saya harus menempuh belasan kilometer dari kampus. Namun sekarang hampir dimana anda bisa menghirup oksigen bisa di dapatkan akses internet. saya tidak terlalu hiperbolik, namun demikian fakta yang ada. Sehingga internetan di rumah merupakan hal yang lumrah dan murah serta menjadi kebutuhan “wajib” adanya. Deman dan aksesibilitas menjadi pasangan yang pas. Perangkat yang digunakanpun beragam, dari yang PC, Laptop, Tablet dan gadget yang selalu mobile. Praktis penggunaan internet rumahan bisa dilakukan di setiap sudut rumah, bahkan sambil “jongkok di toilet”. Penggunaanyapun sudah masuk ke kelompok usia dini telah mengenal dan menggunakannya bahkan menjadi “habit” harian.

Tidak gaptek dan bijak

Melihat semua komponen keluarga dirumah bisa menggunakan internet rumahan maka, orang tua atau orang dewasa “wajib” tidak boleh gaptek. Menggingat internet bagai dua sisi mata pisau khususnya dalam perkembangan anak / tumbuh kembangnya. Tidak perlu pinter untuk bisa jadi orang dewasa bijak dalam memanfaatkan internet rumahan. Salah satu tips yang sederhana adalah mau baca dan mau “googling” tentang bagaimana menjadikan internet sehat di rumah.

Mengelola secara sederhana

Hal yang perlu dilakukan sebagai orang dewasa di rumah dalam menciptakan internet sehat adalah dengan dengan memanfaatkan paket standar dari OS yang ada di komputer di rumah, semisal anda menggunakan OS Windows, dan Windows sekarang telah membenamkan fasilitas “Parental Control (PC)”. Dengan penggunaan PC ini kita bisa mengelola antara lain : waktu yang bisa digunakan untuk akses internet berapa lama serta URL yang safe bagi anak. untuk dua fungsi ini tersedia yang paket standart dan juga customais. kalau tidak mau report jalankan pilihan yang standart, namun kalau kita mau detail bisa untuk mengatur perubahan waktu penggunaanya atau alamat URL yang harus di blok yang belum  di masukan list oleh sistem OS. sebagai contoh waktu penggunaan anak pada weekday dengan weekend dibedakan, weekend diberi kesempatan untuk akses lebih lama lagi.

Aplikasi atau software lain yang tidak merupakan paket OS sangat banyak, salah satunya yang dikeluarkan oleh Norton, https://onlinefamily.norton.com/familysafety/loginStart.fs salah satu kelebihan nya adalah selain kita bisa proteksi anak anak kita menggunakan komputer mereka sesuai dengan personal account, kita juga bisa mengelola dan memonitor penggunaan gadget yang digunakan anak anak kita, yang kelebihan aplikasi ini apabila anak mengakses situs tertentu yang kita blok otomatis akan di ingatkan, bahasa mengingatkannya pun cukup bagus tidak muncul pesan “tidak boleh” tetapi ” hubungi orang tuamu untuk mendapatkan akses ini” nah inilah yang dimaksud ada kedepatan humanis, biarpun terhubung secara online juga tetap komunikasi antara anak dan orang tua di jalin secara apik. dan lebih bagusnya secara real time kita bisa memantau situs mana yang dikunjungi oleh sang anak. sisyem akan mengirimkan email pemberitahuan kepada orang tua.

Namun demikian sebagus feature ataupun fasilitas untuk proteksi agar internet sehat dirumah terjadi, faktor komunikasi yang hangat antara sesama anggota keluarga adalah yang paling utama.

terima kasih semoga bermanfaat

gratis dan mudah dari Norton

gratis dan mudah dari Norton

bawaan asli window

bawaan asli window

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: