Manfaat – mudharat “Camfrog”, orang tua dilarang GAPTEK

logo camfrog

logo camfrog

Kemajuan teknologi menjadikan kita harus lebih arif dan bijaksana dalam mendayagunakan dari setiap piranti lunak produk teknologi modern sekarang ini. Kemajuan ini juga di dorong dengan akses yang mudah, murah dan terus menerus. Mudah karena semakin kecil perangkat teknologi di buat sehingga semakin gampang dijinjing kemanapun. Murah dalam artian terjangkau untuk semua kalangan tingkat ekonomi. Terus menerus dalam artian dapat di akses duapuluh empat jam selama tujuh hari seminggu (24/7).

Piranti lunak yang banyak digunakan untuk memperlancar komunikasi sekarang ini sangan banyak sekali dengan berbagai pilihan dari berbayar hingga gratis. Anda mungkin mengenal YM, Skype dll. Dalam tulisan kali ini saya ingin berbagai tentang manfaat dan mudharat camfrog serta sikap kita sebagai orang dewasa yang akan saya tuliskan satu persatu sesuai dengan pemahaman penulis.

Manfaat camfrog

Sepertihalnya. Piranti lunak untuk komunikasi baik untuk keperluan personal maupun group untuk organisasi,kelompok, atau komunitas, camfrog termasuk yang lahir lebih belakangan. Tiga fasilitas chatting yaitu text, voice dan video bisa didapatkan, dari berbagai fasilitas piranti lunak chatting. Kelebihan yang menonjol dari camfrom adalah dalam membuat group dimana kita tidak perlu berteman atau add dan approve dari setiap member untuk bisa mendaptkan tiga fungsi chating tersebut, dan penggunaan camera inilah sepertinya yang menjadikan piranti ini dinamai camfrog. Piranti ini cocok dan efisien dari sisi biaya khususnya bagi mereka yang akses internet tidak ada hambatan yang kemudian dimanfaatkan untuk kegiatan kuliah jarak jauh ataupun rapat jarak jauh. Sang dosen tinggal menyampaikan materi dari manapun dengan tampilan voice dan video dan seluruh anggotanya atau mahasiswanya dapat mengikuti secara langsung “live”. Jadi begitu mudah dan efisien untuk tetap menjalankan fungsi perkuliahan ataupun rapat jarak jauh.

Mudharat camfrog

Tentunya selain manfaat yang besar, ternyata banyak manusia yang menyalahgunakan atau memanfaatkan piranti ini untuk keperluan kebutusan nikmat sesaat, sex abuse antara lain, atau bahkan digunakan untuk ajang live show. Celakanya banyak anak muda dan khususnya remaja putri ataupun dewasa terjebak dalam bisnis “nakal” ini. Group dibentuk dan di motori oleh seorang administrator dan sering disebut sebagai “DJ”. Nah piranti ini juga memberikan reward yang bisa menjadi benefit buat membernya atau sebagai ajang transaksi jual beli. Modusnya adalah member tertentu kemudian dirayu dengan reward yang juga tidak bermakna untuk melakukan tindakan yang kurang pantas dilihat orang lain mulai dari tindakan menelanjangi diri hingga tindakan yang lebih dari itu. Walau saya melihat ini adalah ajang yang aman bagi seorang exibionismen karena tidak akan tersentuh secara fisik namun ini saya nilai sebagai tindakan super pelecehan dan merendahkan martabat seseorang khususnya perempuan. Dan dari pengalaman mencoba piranti ini banyak sekali anak anak remaja yang terbilang aktif memanfaatkan piranti ini.

Sikap orang tua

Jangan gaptek, sebaiknya mencoba untuk sekedar tau, sehingga kita bisa mengantisipasinya. Jangan pernah malu bertanya atau berbagi pengalaman dengan sesama orang dewasa. Kita juga harus arif untuk memberi kebebasan anak anak kita dalam mengakses internet tetapi harus yang sehat dan bertanggung jawab. Orang tua selayaknya membekali dalam piranti elektronik di rumah dengan ” parental control” walau ini adalah upaya preventif yang harus dikomunikasikan dengan anak. Tapi paling penting adalah mengajak serta anak anak kita untuk explore internat bersma dan komunikasikan selalu, berikan kebebasan tapi ajarkan anak untuk ber internat yang bertanggung jawab dan sehat.

Suatu saat aku akan berbagi tentang piranti lunak “parental control”

Semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: