Dua fungsi manusia : kehambaan dan keharibaan

Jumatan 15032013

Jumatan 15032013

Alquran menjelaskan fungsi manusia : fungsi kehambaan ; hubungan dengan allah, ini merupakan kebutuhan konsultasi dengan allah. Namun manusia tidak akan sempurna kalau tidak menjalankan fungsi keharibaan ini lah fungsi kemanusiaan.

Fungsi keharibaan dengan indikator yang sederhana adalah kemandirian. Untuk menjadi mandiri perlu pendidikan. Dalam dunia pendidikan ternyata ada dua hal, pendidikan yang berorientasi pada fungsi ke hambaan hasilnya adalah manusia yang tunduk pada kehambaannya tetapi menjadi beban masyarakat.

Sedangkan pendidikan yang berorientasi pada fungsi keharibaan adalah melahirkan manusia yang cerdas secara keilmuan namun lupa pada jalan allah. Jadi seyogyanya adalah pendidikan yang menjalankan kedua fungsi ini berdampingan seiring sejalan.

Indonesia bukan negara agama, tapi bagaimana menjadikan pendidikan yang berkomitmen dan berkarakter. Keluarga adalah menjadi dasar pengembangan karakter bangsa ini. Bayi di lahirkan dengan potensi karakter dari kromosom kedua orang tuanya, namun juga dibentuk dari perilaku kehidupan keluarganya menjadi contohnya. Sekolah mungkin difokuskan pada contoh contoh apa apa yang baik dan apa yang jelek. Namun karena beban yang berat dan tidak adanya tokoh panutan bagi sang anak maka karekaternya tidak berpijak pada contoh yang baik. Maka saatnya keluarga memberikan contoh yang terbaik dalam pengembangan karakter anak bangsa ini.

Cuplikan singkat dari kutbah jumat, di Kampus Paramadina 15032013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: