Bolehkah kita ” MEMAKI “

Dalam perenungan/kontemplasi ku, aku berpikir… boleh gak sich kalau kita memaki. Memaki dalam arti kamus “mengucapkan kata-kata keji, tidak pantas, kurang adat untuk menyatakan kemarahan atau kejengkelan: ….. Memaki bisa dipastikan tidak akan luput dari kehidupan seseorang, Memaki merupakan bentuk luapan emosi dan cenderung lebih ke sifat negative.

Namun bolehkan kita memaki… adakah “adab” memaki yang santun…???? menurut pendapat saya, memaki masih boleh walau banyak sisi negatifnya. Sebaiknya kita hindarkan, namun kalau sebagai bentuk expresi dalam meluapkan emosi masih di perbolehkan. Dasar yang saya pakai pengalaman hidup dengan prinsip : lakukan setiap tindakan kita sesuatu yang ada manfaatnya bahkan kalau bisa paling banyak manfaatnya.

Tadi dari perjalanan hidupku sering di hadapkan dalam suatu pilihan, yang didasarkan pada prinsip lakukan sesuatu yang mempunyai Mudzarat paling sedikit. jadi kalaupun pilihannya anda harus memaki maka pikirkanlah “memaki” yang dampaknya paling kecil bagi diri anda ataupun bagi yang kita “maki”. dengan harapan setelah kita memaki emosi kita yang sudah memuncak akan kembali stabil.

ada tips untuk memaki (menurut saya) : 1. memaki adalah pilihan terakhir, 2. Yakinkan bahwa efek memaki berdampak paling kecil mudzaratnya, 3. gunakan bahasa yang orang yang kita maki tidak paham misalnya, orang Bule kita maki pakai bahasa lokal, emosi kita tersalurkan tetapi yang bersangkutan gak terlalu sakit hati. walau bahasa non verbal cukup signifikan atas kemarahan orang lho.

Semoga bermanfaat, silahkan kritik saya atas tulisan ini.bukan saya mengajarkan orang untuk memaki tetapi yang kami sampaikan adalah bagimana memaki dengan mudzarat paling kecil. yang munkin ini bagian dari kampanye global tentang ” Risk Reduction “.

Salam, Wien

Advertisements

2 thoughts on “Bolehkah kita ” MEMAKI “

Add yours

  1. Terima kasih…wah kalau yang ini sepertinya harus kita maki terus pakai ” bacain ayat ayat suci alquran aja ” bagi seorang muslim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: