Pembelajaran yang baik dari Bunda

beberapa hari ini kami sekeluraga khususnya saya, Jasmine (putri pertama kami), Naflah ( putri kedua kami) sedang mendapat gangguan di saluran pernapasan … bapil ( batuk pilek). kedua putriku mempunyai karakteristik yang berbeda, itu pasti. Salah satu pembeda pada Jasmine dari kecil dengan yang namanya obat dia sangat “suka sekali” artinya kalau pas sakit di sodorkan obat langsung dech di sambut dengan senang dan gembira. tapi tidak dengan Naflah yang  dilakukan karena belum bisa ngomong tapi dengan jelas  kepalanya di geleng – gelengkan sebagai tanda penolakan.

Pas suatu malam, aku membelikan obat untuk Naflah, walaupun  juga sakit flu, tapi aku tidak melikan obta flu untuknya, yang terjadi adalah begitu sampai di rumah aku di komplain sama putri pertamaku, kenapa aku tidak di belikan obat..? Bundapun dengan gamblang menjawab sebagai penjelasan kepada putri pertamaku. dan akhirnya Jasmine pun mau menerima penjelasan bundanya, namun bukan Jasmine kalau berhenti bertanya, maka keluarlah pertanyaan kedua dari mulut kecilnya, Jasmine mau minum obat nya Ade.. ( obat ade emang obat untuk bayi). kami sempat terdiam beberapa saat, jawaban apa yang harus kita berikan sebagai penjelasan kalau Jasmine yang berusia 3 tahun 6 bulan dapat memahami bahwa dosis obat itu berbeda, Bunda : menjawab obat ade dan obat Mba itu berbeda tapi sama sama untuk menyembuhkan pilek. tapi jasmine pengen minum obat ade sergahnya.

Untunglah Istriku segera memberikan ilustrasi yang cukup manjur, … dijelaskanya dengan pertanyaan dari Bunda kepada putri pertamaku. Emba.. mau pakai baju ade…. Jasmine menjawab mau…, dengan pelan tapi pasti lalu Bunda menuntun Jasmine menuju keluar kamar tidur kami menuju tempat penyimpanan baju Ade. Bunda mengambilkan baju nya ade dan memcoba memakaipan pada Jasmine… sambil bertanya, enak gak pakai baju ade… tanpa perlu jawaban yang akan keluar dari mulut mungil putri pertama ku pasti Anda bisa mendapatkan jawabanya saya seperti yang akan Jasmine Katakan. yaitu Enggak Bunda…. nah itu sama nak… obat ade sama obat Mba fungsinya sama dengan baju ade dengan baju emba. tapi kan peruntukannya berbeda. akhirnya putri pertama ku dapat memahami penjelasan tentang dosis obat.

Ya Allah bangganya aku punya Istri yang sangat kreatif dalam menjelaskan hal hal yang oleh anak kecil masih abstrak untuk di pahaminya. semoga ini bisa bermanfaat buat yang lain…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: