Tarsius si Monyet Kecil yang lucu di “Bitung”

Hanya rasa Syukur kepada Allaw swt yang patut saya berikan … dalam kesempatan yang indah ini. dalam misi tugas dari tempat kerja, saya berkesempatan untuk melihat salah satu koleksi hewan hewan nusantara yang di kelola secara pribadi, ada sekitar hampir seratus koleksi hewan di kebun binatang mini di wilayah aertembaga kota Bitung. dari sekian banyak koleksi yang dimikinya saya tertarik dengan hewan primata kecil yang hidup aktif di malam hari ” nocturnal” berikut diskripsi singkat tentang hewan ini :

Tarsius adalah suatu jenis primata kecil, memiliki tubuh berwarna coklat kemerahan dengan warna kulit kelabu, bermata besar dengan telinga menghadap ke depan dan memiliki bentuk yang lebar. Nama ilmiahnya : Tarsius spectrum.

Nama Tarsius diambil karena ciri fisik tubuh mereka yang istimewa, yaitu tulang tarsal yang memanjang, yang membentuk pergelangan kaki mereka sehingga mereka dapat melompat sejauh 3 meter (hampir 10 kaki) dari satu pohon ke pohon lainnya. Tarsius juga memiliki ekor panjang yang tidak berbulu, kecuali pada bagian ujungnya. Setiap tangan dan kaki hewan ini memiliki lima jari yang panjang. Jari-jari ini memiliki kuku, kecuali jari kedua dan ketiga yang memiliki cakar yang digunakan untuk grooming.

Yang paling istimewa dari Tarsius adalah matanya yang besar. Ukuran matanya lebih besar jika dibandingkan besar otaknya sendiri. Mata ini dapat digunakan untuk melihat dengan tajam dalam kegelapan tetapi sebaliknya, hewan ini hampir tidak bisa melihat pada siang hari. Kepala Tarsius dapat memutar hampir 180 derajat baik ke arah kanan maupun ke arah kiri, seperti burung hantu. Telinga mereka juga dapat digerakkan untuk mendeteksi keberadaan mangsa.

Tarsius adalah makhluk nocturnal yang melakukan aktivitas pada malam hari dan tidur pada siang hari. Oleh sebab itu Tarsius berburu pada malam hari. Mangsa mereka yang paling utama adalah serangga seperti kecoa, jangkrik, dan terkadang reptil kecil, burung, dan kelelawar. Habitatnya adalah di hutan-hutan Sulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan, juga di pulau-pulau sekitar Sulawesi seperti Suwu, Selayar, dan Peleng. Tarsius juga dapat ditemukan di Filipina.

by : exkuwin suharyanto menulis di : www.exkuwin.wordpress.com sumber : wikipedia dan www.fr.fotolia.com

Advertisements

One thought on “Tarsius si Monyet Kecil yang lucu di “Bitung”

Add yours

  1. Hello exkuwin, makasih ya dah mampir ke blogkoe…

    *oot#
    Di AW suvey, intinya kudu sabar dan jangan maen software2 bantuan untuk main curang deh….pasti sukses, yakin aja!

    Klo dah punya akun di pay pal itu…ya kamu kudu cari duit yg rajin sampai bisa terkumpul cukup utk bisa di tarik ke bank lokal…Selamat berburu duit yg laennya yaa…semoga sukses dan salam kenal juga!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: