Arti Sebuah Kemerdekaan

Jasmine Memaknai pitulasan
Jasmine Memaknai pitulasan

Hampir disetiap tahun aku selalu dihidangkan oleh berbagai kegiatan dalam menyambut kemerdekaan negara ini yang merupakan buah perjuangan para pendahulu kita baik yang kemudian mendapat gelar pahlawan atau pun pejuang. Walaupun masih banyak rakyat yang waktu itu ikit mewujudkan kemerdekaan ini tidak terdaftar, tidak lah mengapa sepanjang kita semua sebagai generasi bangsa selalu mendoakan untuk mereka.

Kemerdekaan yang berarti ada pengakuan dari pihak lain, bahwa kita setara, bebas untuk berpendapat, bebas untuk berkreasi tidak selalu mendapatkan kungkungan ( bingkai) yang menjadikan kaku bahkan mati suri, dahulu para pejuangan mendapatkan kungkungan dari penjajah baik itu dari Belanda ataupun Jepang. Sejauh ini saya banyak bekerja dengan trurunan dari nenek moyang mereka yang dulunya sebagai penjajah secara fisik… saya kadang berfikir apakah saya sekarang ini masih boleh mengatakan “MERDEKA” dari segi ide ide dan kreasi tanpa kukungkungan para penjajah… walauhualam…. Subhanalah maafkan aku Ya Allah.

Namun dari rutinas tahun dalam rangka peringatan kemerdekaan RI yang ke 63; saya menemukan arti positif yang antara lain melalu peringatan ini saya, dan keluarga merasa begitu erat ikatan persaudaraan antar warga, hal ini dirasakan betul manakala saya bersama tim dari RT di perumahan saya dengan semangat sebagai lawan-lawan dari RT lainnya…. semangat perjuangan mungkin sedikit terbesit disini walau yakin akan sangat berbeda mana kala para pejuaang dulu berhadapan dengan MUSUH… pasti ADRENALINnya berdekap lebih kencang. namun walau kita sebagai bagian Tim RT menganggap tim RT lainnya adalah lawan itu hanya dalam kontek permainan/pertandingan yang selalu disemangati kita semua adalah satu bangsa … eh satu RW maksudnya… dan ini terbukti pada saat kita mempersiapkan semua perlengkapan penunjang jalannya permainan/pertandingan kita berbaur tanpa membedakan ini dari RT ini itu dari RT itu….

Melalui peringatan ini saya sudah sepantasnya haruslah selalu dan selalu bersyukur kepada Allah karena atas berkar, rahmat Allah jua kita semua dapat menghirup udara kemerdekaan yang membuktikan kita bebas secara fisik dari penjajah. walau kembali kita belum secara penuh kita merasakan kemerdekaan.. ini terbukti manaka kala saya mengirimkan ucapan kemerdekaan kepada rekan rekan saya melalui pesan pendek jawabanya pun beragam….. ada yang begitu semangat, ada yang masih pesismis ada yang biasa biasa saja….

Jadi arti Kemerdekaan adalah kemerdekaan mana kala kita akan mendapatkan sesuai arti secara harfiah… bebas dalam rambu rambu tatanan berbangsa, dan bernegara….. Amien MERDEKA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: