PMI – IFRC Launching HIV Global Alliance

, 6 Juni 2008
Jakarta, Kompas – Palang Merah Indonesia serta Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah atau IFRC meluncurkan aliansi global PMI. Aliansi itu merupakan kerja sama untuk memobilisasi kapasitas dan sumber daya yang ada demi mendukung program penanggulangan HIV/AIDS.

”Dengan bekerja sama, manfaatnya lebih dirasakan kelompok rentan terinfeksi HIV,” kata Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat PMI Amal Chalik Sjaaf pada peluncuran Aliansi Global PMI untuk HIV/ AIDS, Kamis (5/6), di Jakarta.

”Ini sangat penting mengingat Indonesia adalah salah satu negara di Asia dengan epidemi HIV/AIDS meningkat pesat,” kata Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal IFRC Mukesh Kapila. Meski prevalensinya rendah, jumlah kasus HIV/AIDS di Indonesia akan meningkat jika tidak ditangani terpadu.

Tercatat 58 palang merah (PM) dan bulan sabit merah (BSM) tergabung dalam aliansi global HIV. PM/BSM yang bisa mengajukan diri bergabung dalam aliansi adalah negara-negara berpendapatan rendah sampai menengah dengan epidemi HIV sampai populasi umum, negara berpendapatan rendah sampai menengah dengan epidemi terkonsentrasi, dan negara yang ingin paket ”seven ones”—tujuh langkah penanganan, mulai dari perencanaan hingga manajemen.

”Kami gunakan pendekatan praktis berdasar kebutuhan dan pola setiap negara,” kata Kapila.

Program penanggulangan HIV harus berdasar tiga pilar, yaitu mencegah penyebaran, memperluas pengobatan, perawatan, dan dukungan terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA), serta menurunkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA. Ini perlu dilakukan hingga komunitas terbuka soal penularan HIV.

Dukungan pemerintah, lanjut Kapila, sangat diperlukan, antara lain dengan membangun sistem pelayanan kesehatan yang baik agar ODHA bisa mendapat pengobatan secara optimal. Penanganan HIV juga harus melibatkan lintas sektor dan bidang pendidikan untuk mendidik masyarakat agar toleran dan tidak menyalahkan ODHA. (EVY)

Sumber: Kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: