Untung Rugi PMI Pakai Ubuntu

Ubuntu salah satu dari keluarga Linux, merupakan OS yang bisa digunakan masyarakat umum dalam mengenal komputer dengan product Microsoft melalui WINDOWS. kalau kita bicara untung rugi menggunakan OS yang satu ini yaitu UBUNTU, 8.0.4. adalah sesutu yang menarik,  saya akan membahas bukan dari expertise saya dibidang Komputer tetapi dari segi orang awam. Seperti yang saya pahami bahwa semakin majunya dunia IT maka hampir pasti di lingkungan Palang Merah Indonesia ( PMI) pun tidak luput dari salah satu product IT yaitu KOMPUTER.

Boleh dibilang kita (PMI) sekarang hampir pasti tidak bisa bekerja tanpa Komputer. maka hampir semua orang yang bekerja di PMI ( Pusat) hampir di katakan dapat mengakses komputer. dengan adanya ketergantungan kerja kita pada benda yang bernama komputer ini mau tidak mau akan mengakibatkan peningkatan dari segi biaya operasional walaupun dari segi efisiensi pekerjaan sangat jauh dirasakan. Peningkatan anggaran karena terkait dengan perangkat keras ( Hard ware) dan juga perangkat lunak ( soft ware). banyak pertimbangan  untuk kita gunakan dalam menentukan sebuah pilihan untuk pengadaan hardware ataupun software. Salah satu alasan utama nya adalah semakin performa bagus / spek tinggi diharapkan kualitas keluarnnya juga akan semakin baik, yang pada giliranya akan meningkatkan pelayanan PMI untuk warga yang membutuhkan ( vurnerable group).

Memilih hardware lebih mudah karena pilihan lebih banyak, tetapi memilih software lebih sulit, ada microsoft ada pula linux. Berikut sebuah pemikiran mencoba membandingkan untung rugi menggunakan product microsoft dengan linux ( ubuntu) bagi pembiayaan / operasional PMI dalam rangka mempertahankan kelangsungan ( survive) PMI ke depan tanpa bergantung pada donor seterusnya.

Untung menggunakan Linux ( Ubuntu) : Open source, boleh dibilang ini adalah gratisan, akan memangkas cukup banyak anggaran  dalam pengadaan komputer baru. karena open, legalisasi (HAKI) tidak menjadi penting dan kita mengurangi penggunaan software ilegal, karena tidak mampu membeli lisensi, semakin friendly dalam format tampilan. biaya pengadaan komputer lebih murah, bisa digunakan untuk membiayai program. Kerugian : Belum banyak orang PMI yang pakai Linux, ada beberapa provider tertentu yang belum link sehingga masih ada hambatan untuk interconexsi nya.

Untung menggunakan Microsoft : tampilan sangat friendly, mudah untuk pengoperasiannya karena coverage di masyarakat lebih luas dan lebih dahulu di kenali oleh masyarakat, Kerugian : harus berlisensi ( HAKI) jika bukan original berarti ILEGAL, Untuk mengurus lisensi harganya hampir sama dengan harga hardware boleh dibilang 50 % nya, walaupun organisasi seperti PMI bisa mendapatkan harga Carity, tapi tetap masih mahal.

Yah itu pemikiran saya, dengan harapan kedepan PMI dapat mempertimbangkan penggunaan OS open source seperti ubuntu ( linux) yang senada dengan pengertian secara harfiah dari ubuntu yaitu :  “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. ( http://www.ubuntu-id.org/)

Pokoknya pakai yang open source pasti PMI untung dan akan tetap survive tanpa bergantung terus pada donor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: